Indeed, it was one of the most valuable experience I have got it. Debrief operation, semacam pendadaran dengan penguji tiga orang manajer operasional, baik dari kantor pusat (Jakarta Main Branch) maupun dari berbagai kantor cabang di seluruh Indonesia. Skemanya mirip dengan pendadaran (sidang) bachelor thesis, kami diberi waktu 10 menit untuk preentasi setelah itu dibantai kering selama 2 jam dengan pertanyaan-pertanyaan dari debriefer. Bedanya, kami bukan mempertahankan hasil penelitian atau tulisan kami, namun kami diuji pengetahuan kami tentang operasional bank syariah.
Suasana Debrief Operation
Yap, di sini kami diuji mengenai operasional bank syariah, jeroan bank, full dari depan sampai belakang, dari Teller, Customer Service (CS), Back Office sampai Unit Support Pembiayaan (USP). Kami sudah belajar 2.5 bulan mengenai perbankan syariah mulai dari fiqh, konsep, jenis-jenis akad, akuntansi dasar dan akuntansi syariah, operasional tiap bagian dan seterusnya, dari mulai teori dikelas sampai melihat proses secara langsung di kantor-kantor cabang. Pusing pokoknya (curcol :D), semacam file 500 Gb dimasukin ke kepala tanpa terlebih dahulu diformat, belum lagi over capacity. Ditambah lagi kami dilempar ke cabang-cabang di Jawa dan Sumatera dengan pesawat Singa Udara (read in english), feels like earthquake on the clouds.
Briefly, I have past it in such a good way (standard but without remedy :D).
Suasana disalah satu kantor cabang
........to be continue
No comments:
Post a Comment